SILABUS
ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA) ke RPP
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 4 Malang
Kelas : IX (sembilan)
Tahun
Pelajaran : 2020 / 2021
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya serta
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan
regional.
KI 3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Karakter yang diharapkan |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada
manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang
menunjang kesehatan reproduksi |
Sistem Reproduksi Pada Manusia Faktual : sel telur, sperma, embrio, Konseptual · Pembelahan sel · Sistem reproduksi manusia · Mitosis · Meiosis · Tahapan menstruasi · Oogenesis, spermatogenesis Prosedural · Menyajikan hasil penelusuran Kelainan dan
penyakit pada sistem reproduksi · Menyajikan hasil penelusuran tentang Pola
hidup yang menunjang kesehatan reproduksi |
· Mengamati gambar/carta pembelahan sel · Mengidentifikasi pembelahan mitosis dan
meiosis · Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem
reproduksi pada laki-laki dan perempuan beserta fungsinya · Mengumpulkan informasi tahapan pembentukan
sel sperma (spermato-genesis) dan sel telur (oogenesis) serta
proses menstruasi · Mengidentifikasi
tahapan-tahapan menstruasi · Mengamati fertilisasi
dan perkembangan embrio · Mengumpulkan informasi tentang kelainan dan
penyakit pada sistem reproduksi · Membuat laporan tertulis tentang kesehatan
dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab · Demokratis |
· Sikap : observasi · Pengetahuan
: Tes tulis dan
penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja dalam melakukan percobaan dan tugas proyek berupa laporan tertulis |
15 JP |
· Buku siswa hal. 1-47 · Buku Guru hal. 106-136 · Modul Pengayaan hal. 7-23 · Laboratorium IPA · Charta · Vidio tentang sistim reproduksi · PPT · internet |
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi
dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada
organ reproduksi |
||||||
3.2 Menganalisis sistem perkembangbiakan pada
tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan
dan hewan |
Sistem Perkembangbiakan Pada Tumbuhan dan Hewan Faktual ·
Aseksual ·
Seksual ·
Tumbuhan ·
Hewan ·
Manusia Konseptual · Reproduksi pada tumbuhan · Teknologi reproduksi pada tumbuhan · Reproduksi pada hewan · Teknologi reproduksi pada hewan Prosedural · Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada
tumbuhan |
· Mengamati gambar reproduksi aseksual dan
seksual tumbuhan dan hewan · Mengidentifikasi reproduksi aseksual dan
seksual serta mengumpulkan
informasi tentang teknologi reproduksi pada tumbuhan dan hewan · Menyajikan hasil identifikasi reproduksi
aseksual dan seksual pada tumbuhanlumut, paku dan tumbuhan berbiji
dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman. |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab · Demokratis |
· Sikap : Penilaian diri · Pengetahuan
: Tes tulis dan penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja dalam melakukan percobaan |
15 JP |
· Buku siswa hal. 51-112 · Buku Guru hal. 137-172 · Modul Pengayaan hal. 24-45 · Laboratorium IPA · Charta · Vidio tentang sistim reproduksi pada tumbuhan
dan hewan · PPT · internet |
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan
pada tumbuhan |
||||||
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup |
Pewarisan sifat Faktual DNA, RNA, kromosom,
materi genetic Konseptual · Materi genetik · Hukum pewarisan sifat · Pewarisan sifat pada manusia · Kelainan sifat menurun pada manusia · Adaptasi dan seleksi alam Prosedural : · Menyajikan penelusuran informasi tentang Penerapan
pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup |
· Mengamati karakteristik teman sebaya untuk
mengidentifikasi keragaman · Mengidentifikasi struktur DNA dan kromosom
sebagai materi genetik serta melakukan praktek pemodelan persilangan monohibrid dan
dihibrid untuk mendapatkan
konsep hukum pewarisan sifat · Mengumpulkan informasi yang terkait dengan adaptasi dan seleksi alam seperti: bunglon yang beradaptasi dengan mengubah warna
tubuhnya, pohon jati yang menggugurkan daunnya, atau fenomena lain · Membuat laporan tertulis mengenai varietas tanaman dan hewan yang merupakan
varietas unggul yang dikembangkan melalui persilangan dan mendiskusikannya dengan teman |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab · Demokratis |
· Sikap : observasi · Pengetahuan
: Tes tulis dan
penugasan · Ketrampilan
: · unjuk kerja dalam melakukan percobaan, dan tugas proyek berupa laporan tertulis |
15 JP |
· Buku siswa hal. 119-157 · Buku Guru hal.173-196 · Modul Pengayaan hal. 46-67 · Laboratorium IPA · Charta genetika · Vidio tentang pewarisan sifat · PPT · KIT Hukum Mendel |
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi
dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan |
||||||
3.4 Memahami konsep listrik statis dan
gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem
saraf dan hewan yang mengandung
listrik |
Listrik Statis Faktual : Listrik, gaya
listrik, potensial listrik Konseptual : · Interaksi antara muatan listrik · Kelistrikan pada sistem saraf · Hewan yang mengandung listrik Prosedural : Menyajikan hasil
pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari |
· Mengamati interaksi antara dua benda
bermuatan listrik misal potongan kertas yang ditarik oleh penggaris
plastik · Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan
listrik statis dan interaksi (gaya listrik) dua benda bermuatan
terhadap jarak · Menyelidiki peristiwa terjadinya petir untuk menjelaskan
konsep potensial listrik · Mengidentifikasi kelistrikan pada sistem saraf serta
hewan-hewan penghasil listrik · Menyajikan hasil percobaan untuk menyelidiki
muatan listrik statis dan interaksinya, serta mendiskusikannya dengan teman |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab · Demokratis |
· Sikap : Penilaian antar teman · Pengetahuan
: Tes tulis dan
penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja dalam melakukan percobaan |
15 JP |
· Buku siswa hal. 163-192 · Buku Guru hal. 197-216 · Modul Pengayaan hal. 69-83 · Laboratorium IPA · KIT Listrik dan magnet · Vidio tentang listrik statis · PPT · internet |
4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala
listrik statis dalam kehidupan sehari-hari |
||||||
3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik,
energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari
termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat
energi listrik |
Rangkaian Listrik Faktual : Ohm, watt, volt, Konseptual : · Arus listrik · Hukum Ohm · Hukum I Kirchhoff · Sumber energi listrik · Energi dan daya listrik · Penghematan energi listrik · Sumber energi listrik alternative Prosedural : Menyajikan hasil
rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik |
· Mengamati berbagai peralatan listrik serta nyala lampu pada beberapa rangkaian listrik
yang ada di lingkungan sekolah · Melakukan percobaan rangkaian listrik terbuka
dan tertutup, hubungan antara kuat arus, hambatan, dan
tegangan listrik , mengukur arus listrik yang mengalir pada
rangkaian listrik seri dan paralel · Mengidentifikasi sumber-sumber energi listrik, faktor-faktor yang memengaruhi besarnya
energi dan listrik serta upaya yang dapat dilakukan dalam rangka
penghematan energi listrik · Mengidentifikasi jenis-jenis sumber energi
listrik alternatif yang ramah lingkungan ·
Menyajikan
hasil perbandingan arus listrik pada rangkaian seri dan paralel serta hasil penyelidikan karakteristik rangkaian
listrik, dan mendiskusikannya
dengan teman |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab · Demokratis |
· Sikap : observasi · Pengetahuan
: Tes tulis dan
penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja dalam melakukan percobaan |
15 JP |
· Buku siswa hal. 197-241 · Buku Guru hal. 217-246 · Modul Pengayaan hal. 84-105 · Laboratorium IPA · KIT Listrik dan magnet · Vidio tentang rangkaian listrik · PPT · internet |
|
||||||
4.5 Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran
berbagai rangkaian listrik |
||||||
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi
elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari
termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi |
Kemagnetan Faktual : Magnet, medan
magnet, electromagnet Konseptual : · Sifat magnet · Cara membuat magnet · Kemagnetan bumi · Induksi elektromagnetik · Transformator · Produk teknologi yang memanfaatkan kemagnetan · Pergerakan navigasi hewan yang memanfaatkan
medan magnet Prosedural : Membuat karya
sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik |
· Mengamati berbagai bentuk magnet dan berbagai produk yang memanfaatkan
elektromagnet atau induksi elektromagnetik · Melakukan percobaan untuk menyelidiki
sifat-sifat dan pembuatan magnet · Mengidentifikasi kutub-kutub kemagnetan bumi,
sudut deklinasi, dan sudut inklinasi · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya Lorentz dan mengumpulkan informasi mengenai peristiwa
induksi elektromagnetik dan transformator
melalui percobaan · Mengumpulkan informasi mengenai
pergerakan/navigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet bumi · Menerapkan prinsip elektromagnet atau induksi
elektromagnet dalam karya berupa produk teknologi sederhana |
· Religius · Jujur · Toleransi · Teliti · Rasa ingin tahu · Tanggung jawab · Demokratis |
· Sikap : observasi · Pengetahuan
: Tes tulis dan
penugasan · Ketrampilan
: unjuk kerja dalam melakukan percobaan |
15 JP |
· Buku siswa hal. · Buku Guru hal. 247-266 · Modul Pengayaan hal. · Laboratorium IPA · KIT Listrik dan magnet · Vidio tentang kemagnetan · PPT · internet |
4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan
prinsip elektromagnet dan/atau induksi
elektromagnetik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar