Silabus Kelas 9 Semester Gasal


SILABUS

ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) ke RPP

 

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 4 Malang                                                         

Kelas                           : IX (sembilan)

Tahun Pelajaran          : 2020 / 2021

 

Kompetensi Inti                         :

KI 1   :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta

KI 2   : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan

              anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

KI 3   : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya

              tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI4   :  Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah

             abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Karakter yang diharapkan

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

3.1     Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi

 

Sistem Reproduksi Pada Manusia

Faktual : sel telur, sperma, embrio,

Konseptual

·      Pembelahan sel

·      Sistem reproduksi manusia

·      Mitosis

·      Meiosis

·      Tahapan menstruasi

·      Oogenesis, spermatogenesis

Prosedural

·      Menyajikan hasil penelusuran Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi

·      Menyajikan hasil penelusuran tentang Pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi

·       Mengamati gambar/carta pembelahan sel

·       Mengidentifikasi pembelahan mitosis dan meiosis

·       Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan beserta fungsinya

·       Mengumpulkan informasi tahapan pembentukan sel sperma (spermato-genesis) dan sel telur (oogenesis) serta proses menstruasi

·       Mengidentifikasi tahapan-tahapan menstruasi

·       Mengamati fertilisasi dan perkembangan embrio

·       Mengumpulkan informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi

·       Membuat laporan tertulis tentang kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi

·       Religius

·       Jujur

·       Toleransi

·       Teliti

·       Rasa ingin tahu

·       Tanggung jawab

·       Demokratis

·      Sikap :

observasi

 

·       Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·   Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan dan tugas proyek berupa laporan tertulis

 

15 JP

·       Buku siswa hal. 1-47

·       Buku Guru hal. 106-136

·       Modul Pengayaan hal. 7-23

·       Laboratorium IPA

·       Charta

·       Vidio tentang sistim reproduksi

·       PPT

·       internet

4.1     Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi

 

3.2     Menganalisis sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan

 

Sistem Perkembangbiakan Pada Tumbuhan dan Hewan

Faktual

·         Aseksual

·         Seksual

·         Tumbuhan

·         Hewan

·         Manusia

Konseptual

·       Reproduksi pada tumbuhan

·       Teknologi reproduksi pada tumbuhan

·       Reproduksi pada hewan

·       Teknologi reproduksi pada hewan

Prosedural

·       Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan

·       Mengamati gambar reproduksi aseksual dan seksual tumbuhan dan hewan

·       Mengidentifikasi reproduksi aseksual dan seksual serta mengumpulkan informasi tentang teknologi reproduksi pada tumbuhan dan hewan

·       Menyajikan hasil identifikasi reproduksi aseksual dan seksual pada tumbuhanlumut, paku dan tumbuhan berbiji dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman.

 

·       Religius

·       Jujur

·       Toleransi

·       Teliti

·       Rasa ingin tahu

·       Tanggung jawab

·       Demokratis

·      Sikap :

Penilaian diri

 

·       Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·   Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

15 JP

·       Buku siswa hal. 51-112

·       Buku Guru hal. 137-172

·       Modul Pengayaan hal. 24-45

·       Laboratorium IPA

·       Charta

·       Vidio tentang sistim reproduksi pada tumbuhan dan hewan

·       PPT

·       internet

4.2     Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan

3.3     Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

 

Pewarisan sifat

Faktual

DNA, RNA, kromosom, materi genetic

Konseptual

·       Materi genetik

·       Hukum pewarisan sifat

·       Pewarisan sifat pada manusia

·       Kelainan sifat menurun pada manusia

·       Adaptasi dan seleksi alam

Prosedural :

·       Menyajikan penelusuran informasi tentang Penerapan pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup

 

·       Mengamati karakteristik teman sebaya untuk mengidentifikasi keragaman

·       Mengidentifikasi struktur DNA dan kromosom sebagai materi genetik serta melakukan praktek pemodelan persilangan monohibrid dan dihibrid untuk mendapatkan konsep hukum pewarisan sifat

·       Mengumpulkan informasi yang terkait dengan adaptasi dan seleksi alam seperti: bunglon yang beradaptasi dengan mengubah warna tubuhnya, pohon jati yang menggugurkan daunnya, atau fenomena lain

·       Membuat laporan tertulis mengenai varietas tanaman dan hewan yang merupakan varietas unggul yang dikembangkan melalui persilangan dan mendiskusikannya dengan teman

·       Religius

·       Jujur

·       Toleransi

·       Teliti

·       Rasa ingin tahu

·       Tanggung jawab

·       Demokratis

·      Sikap :

observasi

 

·       Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·   Ketrampilan :

·       unjuk kerja dalam melakukan percobaan, dan tugas proyek berupa laporan tertulis

15 JP

·       Buku siswa hal. 119-157

·       Buku Guru hal.173-196

·       Modul Pengayaan hal. 46-67

·       Laboratorium IPA

·       Charta genetika

·       Vidio tentang pewarisan sifat

·       PPT

·       KIT Hukum Mendel

4.3     Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan

3.4     Memahami konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf  dan hewan yang mengandung listrik

 

Listrik Statis

Faktual :

Listrik, gaya listrik, potensial listrik

Konseptual :

·   Interaksi antara muatan listrik

·   Kelistrikan pada sistem saraf

·   Hewan yang mengandung listrik

Prosedural :

Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari

·       Mengamati interaksi antara dua benda bermuatan listrik misal potongan kertas yang ditarik oleh penggaris plastik

·       Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksi (gaya listrik) dua benda bermuatan terhadap jarak

·       Menyelidiki peristiwa terjadinya petir untuk menjelaskan konsep potensial listrik

·       Mengidentifikasi kelistrikan pada sistem saraf serta hewan-hewan penghasil listrik

·       Menyajikan hasil percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta mendiskusikannya dengan teman

·       Religius

·       Jujur

·       Toleransi

·       Teliti

·       Rasa ingin tahu

·       Tanggung jawab

·       Demokratis

·      Sikap :

Penilaian antar teman

 

·       Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·   Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

 

15 JP

·       Buku siswa hal. 163-192

·       Buku Guru hal. 197-216

·       Modul Pengayaan hal. 69-83

·       Laboratorium IPA

·       KIT Listrik dan magnet

·       Vidio tentang listrik statis

·       PPT

·       internet

4.4     Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari

3.5     Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik

 

Rangkaian Listrik

Faktual :

Ohm, watt, volt,

 

Konseptual :

·      Arus listrik

·      Hukum Ohm

·      Hukum I Kirchhoff

·      Sumber energi listrik

·      Energi dan daya listrik

·      Penghematan energi listrik

·      Sumber energi listrik alternative

 

Prosedural :

Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik

·       Mengamati berbagai peralatan listrik serta nyala lampu pada beberapa rangkaian listrik yang ada di lingkungan sekolah

·       Melakukan percobaan rangkaian listrik terbuka dan tertutup, hubungan antara kuat arus, hambatan, dan tegangan listrik , mengukur arus listrik yang mengalir pada rangkaian listrik seri dan paralel

·       Mengidentifikasi sumber-sumber energi listrik,  faktor-faktor yang memengaruhi besarnya energi dan listrik serta upaya yang dapat dilakukan dalam rangka penghematan energi listrik

·       Mengidentifikasi jenis-jenis sumber energi listrik alternatif yang ramah lingkungan

·       Menyajikan hasil perbandingan arus listrik pada rangkaian seri dan paralel serta hasil penyelidikan karakteristik rangkaian listrik, dan mendiskusikannya dengan teman

·       Religius

·       Jujur

·       Toleransi

·       Teliti

·       Rasa ingin tahu

·       Tanggung jawab

·       Demokratis

·      Sikap :

observasi

 

·       Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

·   Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

15 JP

·       Buku siswa hal. 197-241

·       Buku Guru hal. 217-246

·       Modul Pengayaan hal. 84-105

·       Laboratorium IPA

·       KIT Listrik dan magnet

·       Vidio tentang rangkaian listrik

·       PPT

·       internet

 

4.5     Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik

3.6     Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi

 

Kemagnetan

Faktual :

Magnet, medan magnet, electromagnet

Konseptual :

·      Sifat magnet

·      Cara membuat magnet

·      Kemagnetan bumi

·      Induksi elektromagnetik

·      Transformator

·      Produk teknologi yang memanfaatkan kemagnetan

·      Pergerakan navigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet

Prosedural :

Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau  induksi elektromagnetik

 

·       Mengamati berbagai bentuk magnet dan berbagai produk yang memanfaatkan elektromagnet atau induksi elektromagnetik

·       Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat-sifat  dan pembuatan magnet

·       Mengidentifikasi kutub-kutub kemagnetan bumi, sudut deklinasi, dan sudut inklinasi

·       Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya Lorentz dan mengumpulkan informasi mengenai peristiwa induksi elektromagnetik dan transformator melalui percobaan

·       Mengumpulkan informasi mengenai pergerakan/navigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet bumi

·       Menerapkan prinsip elektromagnet atau induksi elektromagnet dalam karya berupa produk teknologi sederhana

·       Religius

·       Jujur

·       Toleransi

·       Teliti

·       Rasa ingin tahu

·       Tanggung jawab

·       Demokratis

·      Sikap :

observasi

 

·       Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·   Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

15 JP

 

·       Buku siswa hal.

·       Buku Guru hal. 247-266

·       Modul Pengayaan hal.

·       Laboratorium IPA

·       KIT Listrik dan magnet

·       Vidio tentang kemagnetan

·       PPT

·       internet

4.6     Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau  induksi elektromagnetik

 

 

 


 

 


 

 

    
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lembar Kerja

LEMBAR KERJA SISWA STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN Kamu akan mengamati struktur bagian bunga Apa yang harus kamu butuhkan? 1.   Bunga s...